Rabu, 12 Juni 2013

PENGERTIAN SILATURAHMI & SILATURAHIM



PERBEDAAN ARTI SILATURAHMI dgn SILATURAHIM




Arti Silaturahmi dan Silaturahim Ternyata Berbeda


POSTETby Wahyu hidayah

Arti SilaturahmiArti silaturahmi 
ternyata sangat berbeda dengan arti silaturahim. Susunan hurufnya hampir sama. Perbedaannnya hanya ada pada akhiran yang ada pada huruf mim.Namun ternyata  ini bisa menjadikan arti yang berbeda.
Pada dasarnya arti silaturahmi berasal dari dua kata, “silah” dan “rahmi”. Silah artinya menyambungkan. Sedang rahmi artinya rasa nyeri yang diderita para ibu ketika melahirkan. Jadi arti silaturahmi adalah menyambungkan rasa nyeri ketika melahirkan. hehehe…cukup aneh bukan??
Hal ini tentu sangat berbeda dengan

 Arti silaturahim yang memiliki arti menyambungkan rasa kasih sayang. So antara rasa nyeri rahim dengan “ rahim “( baca rohim ) yang berarti rasa kasih sayang dan pengertian sangatlah tidak nyambung. Namun harap maklum dengan orang kita yang memang tidak tahu atau belum tahu tentang hal ini. Salah kaprah yang terlanjur diterima masyarakat luas sebagai sebuah kebenaran, memang susah untuk diluruskan. Karena bahasa dan dialek serta artikulasi sangat erat kaitannya dengan budaya setempat. Contohnya Orang Indonesia terbiasa mengucapkan Ramadhan daripada Romadhon. Sedangkan ” asosiasi kata rahim dalam bahasa kita  berarti kandungan. Kata Rohim justru jarang di ucapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Arti silaturahmi ( baca silaturahim ) dan manfaatnya sangat besar terhadap manusia. 

Bersilaturahim itu termasuk amalan mulia yang berpahala besar. Ruang lingkupnya tidak hanya terbatas pada sesama manusia, tetapi juga pada dunia fauna dan flora serta mahluk jin. Hanya dengan syaitan kita tidak boleh bersilaturahim. Bahkan terhadap orang-orang muslim yang sudah wafat pun, Rasulullah SAW tetap menyuruh kita untuk terus menjalin silaturahim, yaitu dengan menziarahi kuburannya, mendoakannya dan atau berbuat baik kepada teman-teman dekat mereka yang masih hidup. “Ziarah kubur adalah Sunnah Rasulullah SAW. Ziarah juga adalah cara kita untuk mendoakan orang-orang yang telah mendahului kita,” demikian antara lain tulis K.H.Dr. Jalaluddin Rakhmat dalam bukunya “Memaknai Kematian”. Al Quran mencontohkan diantara doa untuk mereka : “Tuhanku ampunilah orang-orang yang telah mendahului kami dalam keimanan” (QS.Al Hasyr : 10)

Allah SWT berfirman : “Dan sesungguhnya pada kehidupan hewan itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu”. (QS.An-Nahl (16) : 66). Dalam hal bersilaturrahmi misalnya kita bisa mencontoh semut dan lebah. Semut binatang kecil pemakan gula tapi tidak pernah sakit gula (diabetes). Resepnya, pertama karena semut senang bersilaturrahmi. Tengoklah setiap berpapasan antara sesama semut sejenis mereka saling “bersalaman” yang terlihat dari kedua kepalanya saling ketemu. Kedua, bila seekor semut menemukan rezeki, mereka tidak mau makan sendiri tapi memberi tahu semut-semut lainnya. Setelah berkumpul, baru makanan itu mereka bawa kesatu tempat dan dinikmati bersama. Demikian juga lebah. “Lebah sangat disiplin dan mengenal pembagian kerja yang sangat baik. Sarangnya dibangun berbentuk segi enam, yang telah terbukti sangat ekonomis dan kuat dibandingkan bila segi empat atau lima”. Antara tulis Ir. Permadi Alibasyah dalam bukunya “Bahan Renungan Kalbu”. Menurut penyelidikan setiap sarang lebah dihuni oleh kurang lebih 90.000 ekor lebah. Karena masing-masing mentaati aturan mereka bisa hidup rukun dan tidak pernah terjadi perkelahian

Arti Silaturahmi dan Manfaat Silaturahmi


arti silaturahmi eh..maksudnya manfaat silaturahim hehe..adalah :

1. Mendapatkan ridho Allah SWT.
2. Membuat orang yang dikunjungi berbahagia. Hal ini amat sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Amal yang paling utama adalah membuat seseorang berbahagia.”
3. Menyenangkan malaikat, karena malaikat juga sangat senang bersilaturahmi.
4. Disenangi oleh manusia.
5. Membuat iblis dan setan marah.
6. Memanjangkan usia.
7. Menambah banyak dan berkah rejekinya.
8. Membuat senang orang yang telah wafat. Sebenarnya mereka itu tahu keadaan kita yang masih hidup, namun mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka merasa bahagia jika keluarga yang ditinggalkannya tetap menjalin hubungan baik.
9. Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan, mempererat dan memperkuat tali persaudaraan dan persahabatan.
10. Menambah pahala setelah kematiannya, karena kebaikannya (dalam hal ini, suka bersilaturahim) akan selalu dikenang sehingga membuat orang lain selalu mendoakannya.

Arti Silaturahmi ( baca Silaturahim ) Secara Lebih Luas

Arti Silaturahmi ( baca silaturahim ) secara umum adalah : Menghubungkan tali kekerabatan, atau menghubungkan kasih sayang dengan cara saling berkunjung terutama terhadap saudara atau anggota keluarga sendiri bahkan terhadap tetangga atau saudara se iman. 

*  Arti Silaturahmi.*
Wallohu a'lamu bishowab.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar